Tips

Tips Membeli Laptop Sesuai Kebutuhan

Laptop saat ini menjadi alat yang sangat dibutuhkan diberbagai kalangan dari mulai untuk sekolah maupun untuk bekerja.

Sebelum membeli laptop ada baiknha analisi kebutuhan, ini maksudnya sebelum membeli laptop harus tau dulu tujuan penggunaan laptop, untuk sekedar tugas sekolah atau kampus yang membutuhkan laptop standar.

Namun bila membutuhkan laptop dengan spek tertentu seperti untuk editing video, gambar, membuat animasi atau yang berkaitan dengan aplikasi khusus yang cukup berat untuk laptop.

Apakah memerlukan spesifikasi laptop khusus, nah berikut tips-tips dalam memilih laptop sesuai kebutuhan.

1.Processor dan RAM

Processor dan RAM

Processor ini adalah otak dari computer, dimana data yang masuk akan diproses di processor. Terdapat 2 brand besar processor yaitu AMD dan Intel.

Untuk spesifikasi processor intel saat ini yang terendah untuk digunakan adalah intel Celeron, intel Pentium sudah jarang digunakan karena kecepatan pemrosesnya yang kurang.

Pemilihan processor ini juga harus di terapkaan saat akan membeli laptop, jika hanya untuk tugas-tugas sekolah yang memerlukan pengolahan kata, presentasi ataupun excel, menggunakan laptop dengan processor intel Celeron pun sudah bisa namun jika digunakan untuk kegiatan atau pekerjaan yang cukup berat seperti editing video, gambar, animasi, pemrogaman ataupun gaming yang membutuhkan pemrosesan cepat.

Disarankan untuk menggunakan spek processor yang tinggi seperti intel Core I5, core i7 dan Core i9, core i9 ini memberikan performa yang sempurna dan untuk yang menengah bisa menggunakan core i3.

Untuk processor jenis AMD sendiri juga bisa menjadi pilihan karena performa yang ditawarkan hamper sama.

Yang kedua yaitu RAM, RAM ini akan mempengaruhi kecepatan pada laptop. Saat laptop membuka atau menjalankan banyak aplikasi RAM akan mengambil peran disini.

Jika kapasitas RAM besar maka proses pada laptop juga akan ringan walau membuka banyak aplikasi namun sebaliknya, jika kapasitas RAM kecil saat membuka beberapa aplikasi yang berukuran atau memakan memori besar laptop akan jadi lemot.

Contoh saat editing video ataupun membuka aplikasi-aplikasi multimedia yang biasanya membutuhkan kapasitas memori yang cukup besar. Namun jika untuk aplikasi standar entry-data maka ram 2 Gb cukup baik.

2.Jenis VGA, Baterai, dan Konektivitas

Jenis VGA, Baterai, dan Konektivitas

VGA ini juga sama pentingnya, namun juga tergantung kebutuhan. Untuk bebrapa apilkasi desain grafis dan editing multimedia membutuhkan spesifikasi VGA yang tinggi seperti aplikasi Autocad, Adobe Premier dsb membutuhkan computer dengan VGA Card dengan GPU (Graphic Processing Unit) contohnya yaitu untuk seri intel yaitu Nvidia Quadro.

Sumber daya laptop adalah listrik yang disimpan dalam baterai, rata-rata daya tahan baterai laptop adalah 6-8 jam namun juga tergantung dengan pemakain juga. Untuk itu sebelum membli laptop harus melihat kapasitas baterai.

Konektivitas disini serti port-port pada laptop yang akan menghubungkan ke perangkat pendukung seperti port HDMI, port USB, Port LAN. Untuk saat ini port USB 3 (USB versi 3) yang digunakan untuk menggantikan port VGA.

Beberapa laptop tidak memiliki port usb 3 akan kesusahan saat menyambungkan ke LCD yang sudah tidak lagi menggunakan kabel HDMI. Maka sebaiknya pilih yang mempunyai port lengkap. Begitupun dengan konektivitas wifi.

3.Ukuran Laptop dan Kapasitas Hardisk

Ukuran Laptop dan Kapasitas Hardisk

Untuk yang menyukai style simple tidak repot saat membawa disarankan untuk memilih notebook dengan ukuran yang lebih kecil disbanding laptop.

Namun untuk yang tidak suka saat menatap layer yang kecil, seperti kurang puas saat digunakan menonton film ataupun saat digunakan bekerja, maka dapat memilih laptop dengan ukuran layer 14 inch. Dan tentunya memlih laptop yang bebannya ringan agar bisa dibawa dengan mudah.

Hardisk digunakan sebagai penyimpanan data termasuk juga untuk menyimpan system operasi. Dimana nantinya hardisk akan dipartisi menjadi beberapa bagian untuk system operasi dan data-data pribadi.

Jadi perlu untuk memilih hardisk yang sekiranya mempunyai kapasitas besar, untuk saat ini hardisk dengan kapsitas yang cukup besar yaitu 1 tera sudah banyak digunakan dan beredar dipasaran.

Dengan menggunakan hardisk yang memliliki kapasitas besar, maka data yang dapat disimpan juga semakin banyak.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk memilih laptop. Semoga bermanfaat.